Sebagai sekolah yang menjunjung tinggi nilai agama sebagai salah satu misi , SMA Negeri 10 Singkawang yaitu Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa, berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak. Kegiatan Rutin tahunan sekolah yaitu mengadakan kegiatan acara buka puasa bersama dengan seluruh warga sekolah yang ikut dilibatkan untuk mempererat tali silaturahim.

Setelah kurang lebih 2 Tahun Pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, daerah Kalimantan Barat termasuk zona merah dalam kasus pasien terkonfirmasi covid-19, semua kegiatan sekolah di tiadakan baik pembelajaran, ektrakurikuler dan kegiatan tambahan sekolah. Di Tahun 2021 wilayah Kalimantan Barat perlahan memasuki wilayah zona kuning penyebaran covid-19, di Tahun Ajaran 2020/2021, bertepatan dengan ibadah puasa ramadhan 1442. Pada tanggal 11 April 2021, Menggelar acara Buka Puasa Bersama yang hanya melibatkan Guru dan Tenaga Kependidikan SMA Negeri 10 Singkawang dengan mematuhi protokol kesehatan.

Acara dimulai pukul 16.30 mengingat masih ada pemberlakuan pembatasan kegiatan dan rincian acarapun di persingkat dengan Kegiatan yang dibuka oleh sambutan kepala SMA Negeri 10 Singkawang oleh Bapak Mus’an, S.Pd. Silaturahim begitu terasa indah dapat kembali berkumpul. Senda gurau dan percakapanpun mulai begitu membuat suka cita kami semua di moment buka puasa bersama tahun ini. Hidangan lengkap menu buka puasa takjil dan makanan berbuka sudah siap tersedia sambil menunggu waktu azan berkumandang. Setelah azan berkumandang, doa berbuka puasa yang dipimpin oleh Bapak Heri Suryadi, S.Pd menandakan kami semua akan berbuka puasa dan menikmati hidangan yang telah disediakan dan dilanjutkan dengan kegiatan sholat Magrib berjamaah di Musholla. Harapan dan doa di Tahun ini, Semoga acara ini membawa berkah dan kedamaian bagi kita semua, dan Indonesia khususnya wilayah Kalimantan Barat akan kembali normal dari wabah covid-19.   Sehingga kedepan para siswa, guru dan tenaga kependidikan dapat kembali terlibat mengikuti kegiatan buka puasa bersama.